6.08.2011

'Pecandu Facebook Berisiko Kena Anoreksia & Bulimia'

Jakarta - Sebuah riset mengklaim ada koneksi yang jelas antara durasi pemakaian Facebook dengan gangguan pola makan. Hal ini khususnya terjadi pada para gadis remaja.

Adalah periset di University of Haifa di Israel yang coba melakukan penelitian ini. Mereka adalah Prof. Yael Letzer, Prof. Ruth Katz dan Zohar Spivak dari Social Welfare and Health Sciences Faculty. Studi melibatkan 248 remaja wanita umur 12 sampai 19 tahunterungkap bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk Facebookan, risiko kena gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia juga makin besar. Mereka berisiko memiliki citra tubuh yang buruk.

Lalu bagaimana? Masih menurut periset itu, pengawasan orang tua adalah solusinya. Jika para orang tua sering terlibat dalam kegiatan anak, risiko terkena gangguan pola makan makin rendah.

Pakar kesehatan setempat, Dr Naama Constantini menyatakan bahwa gadis yang menghabiskan banyak waktu di situs jejaring berisiko mengalami gangguan pola makan karena mungkin jadi jarang olahraga atau bersosialisasi. Menurut dia, studi di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Sumber : www.detik.com

0 comments: