6.08.2011

Ramalan Teknologi Thomas Edison Jadi Fakta

Meski hidup delapan dekade sebelumnya, Thomas Alva Edison secara menakjubkan mampu meramalkan perkembangan teknologi di masa kini. Wow!

Pada 1911 silam, pria kelahiran Milan , Ohio 11 Februari 1847 ini memprediksikan bahwa perkembangan teknologi beberapa dekade ke depan, akan semakin pesat. Kehidupan manusia pun akan dipermudah dengan pelabagai kecanggihan perangkat. Berikut beberapa ramalan penemu besar tersebut dan kenyataannya saat ini.

Prediksi 1911 : Kematian Mesin Uap.

Edison memberitahu, mesin uap akan segera mengeluarkan uap terakhirnya. Menurutnya, pada 2011, kereta api didorong pada kecepatan luar biasa oleh listrik yang dihasilkan oleh roda hidrolik.

Kenyataan 2011 :

Ketika artikel ini ditulis, motor listrik telah digunakan selama beberapa dekade. Seperti lokomotif listrik, kereta api diesel listrik pertama memulai debutnya pada Railroad Baltimore dan Ohio pada 1935. Lokomotif uap kurang praktis dan terus menurun di Amerika Serikat (AS) sampai 1960 dan tak digunakan lagi. Untuk roda hidrolik, sebagian besar kereta api diesel sudah menggunakan sistem transmisi hidrolik.

Prediksi 1911 : Penerbangan Komersial akan menjadi hal umum.

Edison meramalkan, musafir masa depan akan mencemooh pergerakan bumi sangat lamban, seperti merangkak. Pesawat akan terbang di udara, lebih cepat dari camar. Dengan kecepatan dua ratus kilometer per jam dan mesin kolosal, penumpang bisa sarapan di London dan bertransaksi bisnis di Paris dan makan siang di Cheapside.

Kenyataan 2011 :

Benar! Sebagian besar penumpang pesawat terbang dengan kecepatan 804-904 km/jam. Untuk perjalanan dari London ke Paris dan kembali ke London pun kini bisa dilakukan.

Prediksi 1911, Besi secara umum digunakan dalam konstruksi rumah.

Menurut Edison, rumah di abad berikutnya akan dilengkapi loteng besi. Bayi di abad 20 akan menggunakan kerancang buaian baja, ayah duduk di kursi besi di meja besi dan kamar kerja ibu mewah dilengkapi perabotan besi.

Kenyataan 2011 :

Kita saat ini sudah menggunakan banyak besi. Konsumsi besi tumbuh 3,3% selama abad 20 dan kini mendekati 800 juta ton. Hal ini sering digunakan untuk konstruksi, dan mendukung struktur.

Prediksi 1911 : Buku magis akan berisi seluruh isi Encyclopedia Britannica.

Edison meramalkan, buku abad mendatang dicetak dari daun nikel, begitu ringan hingga pembaca bisa menikmati perpustakaan kecil dalam satu volume. Buku setebal inci ini berisi 40 ribu halaman, setara seratus volume dan cukup memuat isi Encyclopedia Britannica. Masing-masing volume memiliki berat kurang dari satu pon (setengah kg).

Kenyataan 2011 :

Kita saat ini punya beberapa perangkat yang mampu menampung seluruh isi perpustakaan. Jika Anda mengikuti pameran CES baru-baru ini, ada banyak perangkat itu disana.

Prediksi 1911, Kimia terbukti benar dan semuanya terbuat dari emas.

Menurut Edison, saat itu ia hampir menemukan rahasia transmutasi logam yang semuanya memiliki substansi sama meski dikombinasikan dalam proporsi berbeda. “Kita tinggal menunggu waktu mengkonversi besi menjadi emas,”ujarnya.

Kenyataan 2011 :

Emas faktanya sangat berharga. Edison benar, semua elemen terbuat dari substansi materi yang sama. Para ilmuwan menciptakan emas melalui proses transmutasi buatan. Hal ini masih jauh dari pilihan ekonomis. Jadi setidaknya untuk saat ini tak ada taksi emas, tapi mungkin bisa berharap akan terealisasi pada 2111.

Thomas Alva Edison kelahiran Milan adalah seorang penemu besar Amerika, ilmuwan, dan pengusaha yang mengembangkan banyak perangkat yang sangat mempengaruhi kehidupan dunia .
Ia mengawali karir sebagai operator telegraf. Edison membuat konsep dan implementasi awal pembangkit tenaga listrik dan distribusi ke rumah-rumah, bisnis, dan pabrik, perkembangan penting dalam dunia industri modern. Pembangkit listrik pertamanya berada di Pulau Manhattan, New York.

Edison dianggap salah satu penemu paling produktif dalam sejarah, memegang 1.093 paten AS, serta banyak paten di Inggris, Perancis, dan Jerman . Dia dikreditkan dengan berbagai penemuan yang memberikan kontribusi untuk komunikasi massa, khususnya telekomunikasi , Termasuk ticker saham, recorder suara mekanik, baterai mobil listrik, tenaga listrik, rekaman musik dan gambar gerak. [ast]

Sumber : www.inilah.com

Jepang Kirim Robot Twitter ke Luar Angkasa

Tokyo - Astronot Stasiun Luar Angkasa Internasional tak lagi kesepian. Mereka mendapatkan teman baru, robot android yang mampu main Twitter asal Jepang. Seperti apa?

Badan Antariksa Jepang berencana menempatkan robot humanoid yang mampu berbicara di Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk mengawasi misi sementara para astronot sedang tidur.

Robot itu juga diharapkan mampu memantau kesehatan, tingkat stres astronot dan berkomunikasi dengan Bumi melalui situs microblogging Twitter.

Badan Luar Angkasa Jepang JAXA mengumumkan akan mengirim robot humanoid ke luar angkasa pada 2013. Ini juga menjadi cara menawarkan kenyamanan dan persahabatan bagi astronot.

Menindaklanjuti program NASA Robonaut R-2 yang memulai pesawat ulak alik Discovery minggu depan, robot Android Jepang ini menjadi bagian dari upaya lebih besar untuk menciptakan dan menyempurnakan robot bagi lansia.

Robot ini dikembangkan oleh perusahaan raksasa bidang periklanan dan komunikasi Dentsu Inc dan tim Tokyo University. Robot ini memang memanfaatkan Twitter namun hanyalah pesan lanjutan dari juru bicara NASA. [vin]

Sumber : www.inilah.com

Serangan Pada WordPress Berasal dari China

Jakarta – Platform blog WordPress baru-baru ini mengalami serangan denial-of-service (DDoS) kedua. Setelah perusahaan melacaknya, diketahui asal serangan dari China.
Platform yang menjadi ‘rumah’ dari 18 juta blog itu mengalami gelombang serangan kedua pada Jumat lalu tepat setelah gelombang serangan masif DDoS pertama. Serangan itu juga membuat situs pencari terbesar China, Baidu, mengalami serangan.
Perusahaan itu tak mengetahui mengapa situsnya diserang, pendiri dan pemilik Wordpress.com Matt Mulenweg mengatakan, “Kali ini kami bisa bangkit lebih cepat dan menemukan kebanyakan serangan ini berasal dari China (98%) dan sedikit dari Jepang dan Korea”.
Saat ini ada risiko asimetrik besar di internet karena aktor yang menginginkan beberapa puluh ribu dolar, tambah Mullenweg. Pendiri platform blog itu awalnya mengira serangan itu berlatar politik namun kini ia tak yakin akan hal itu.
“Tampaknya serangan ini bukan berlatar politik namun lebih kepada orientasi bisnis,” tutupnya.
Sumber : www.inilah.com

17 Fakta Terbaru Facebook

London – Siapa yang tak mengenal Facebook? Jejaring sosial populer ini bahkan telah memiliki lebih dari setengah miliar anggota di seluruh dunia. Seperti apa menariknya?
Situ jejaring sosial Facebook memang sangat fenomenal. Situs yang diprakarsai pria muda bernama Mark Zuckerbeg itu pada Januari 2011 telah memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif.
Facebook didirikan Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Awalnya, keanggotaan situs itu hanya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja.
Setelah Harvard, perguruan lain seperti Boston, Ivy League dan Universitas Stanford pun dapat menikmatinya. Secara perlahan, situs itu pun dibuka untuk siswa sekolah menengah dan akhirnya tiap orang berusia minimal 13 tahun boleh memiliki akun di situs itu.
Studi Compete.com pada Januari 2009 menempatkan Facebook menjadi jejaring sosial terbanyak digunakan berdasarkan pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.
Entertainment Weeklymenempatkannya Facebook di daftar ‘terbaik’ pada akhir dasawarsa dengan komentar, “Bagaimana cara kita menguntit bekas kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan memainkan permainan Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?”
Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 135,1 juta pengunjung bulanan di AS pada Oktober 2010. Menurut Social Media Today pada April 2010, diperkirakan 41,6% penduduk AS memiliki akun Facebook.
Ingin mengetahui beberapa fakta menarik mengenai Facebook? Seperti dikutip Daily Mail, berikut fakta-fakta menarik tersebut.
1. Sebanyak 1 dari 13 orang di dunia memiliki akun Facebook dan separuhnya terus mengecek akun mereka tiap hari.
2. Sebesar 2% pencarian Google di 2010 lalu mengandung kata Facebook.3. Pada 4 Februari 2004 merupakan hari ketika Mark Zuckerberg meluncurkan Facebook saat masih menjadi mahasiswa Harvard University.
4. Rata-rata terdapat delapan pengiriman permintaan menjadi teman oleh seorang pengguna Facebook tiap bulannya.
5. Mark Zuckerberg memiliki 24% saham Facebook. Pemegang saham lainnya adalah adalah Microsoft dengan penguasaan 1,3%.
6. Sebesar 25% perusahaan dilaporkan menolak pelamarnya setelah menyelidiki profil Facebook calon pekerja itu.
7. Sebesar 27% pengguna Facebook tak menampilkan status hubungan mereka.
8. Sebanyak 42% pria dan 63% wanita mengaku menggunakan Facebook guna mencari mantan pacar.
9. Kini, Facebook sudah diterjemahkan dalam 76 bahasa.
10. Pengguna Facebook tertua berusia 104 tahun, wanita itu bernama Lilian Lowe asal Wales.
11. Rata-rata pengguna Facebook setidaknya memiliki 130 teman.
12. Kini, Facebook mempekerjakan 1.700 karyawan di 12 negara.
13. Sebanyak 66.168 foto di-tag di Facebook tiap menitnya.
14. Sebanyak 2.176.000 pesan pribadi dikirim melalui Facebook tiap 20 menit.
15. Sebanyak 35 juta orang mengubah status Facebook mereka tiap hari.
16. Sebanyak 38 juta pengguna Facebook mengakses halaman ‘Texas HoldEm Poker’ tiap bulannya.
17. Facebook diperkirakan bernilai 32 miliar poundsterling (Rp 460 triliun).
Sumber : www.Inilah.com

Facebook Bantu Komunikasi di Jepang

Jakarta - Terganggunya akses komunikasi melalui telepon di Jepang menyulitkan pencarian informasi tentang keluarga atau teman di wilayah yang terkena bencana. Tak kehabisan akal, warga di sana memanfaatkan Facebook agar tetap terhubung.

Seperti yang dilakukan Duane Cavalier pria asal Detroit dengan istrinya yang asli Jepang, Maho Cavalier. Mereka akhirnya bisa saling mengetahui kabar masing-masing melalui Facebook.

Dilaporkan Windorstar dan dikutip detikINET, Minggu (13/3/2011), saat terjadi gempa, Maho tengah berada di Tokyo sedangkan suaminya Cavalier di Saitama, sebuah wilayah di luar ibukota Jepang.

Disebutkan Maho, gempa besar tersebut memang tidak sampai membuat Tokyo rusak parah. Namun semua fasilitas dan infrastruktur otomatis mati. Ponselnya tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi, begitu juga dengan telepon kantor. Beruntung, internet masih aktif dan dia pun mengakses Facebook melalui iPhone-nya.

"Ketika mengecek Facebook Cavalier, rupanya dia melakukan hal yang sama. Suami saya tinggal di Saitama sepanjang malam," ujarnya.

Disebutkannya, Facebook menjadi satu-satunya cara berkomunikasi diantara mereka berdua dan banyak warga Jepang lainnya yang melakukan hal serupa. Selain Facebook, banyak juga yang memanfaatkan Twitter.

"Ini menjadi satu-satunya cara, maka kami terus menggunakannya," tandasnya.



Sumber : www.detik.com

Google Maps Navigation, Solusi Macet Anda

Washington – Google meng-upgradelayanan Google Maps. Kini, layanan itu bisa memberi saran rute tercepat pada pengendara secara real-time pada kondisi lalu lintas.
Google Maps Navigation (GMN) memberi beragam rute bersama dengan perkiraan jarak tempuh dan menggunakan kode warna merah, hijau dan kuning untuk menunjukkan bagaimana keadaan lalu lintas (lalin) saat itu.
“Sebelum hari ini, GMN hanya memilih rute mana yang tercepat tanpa memperhitungkan kondisi lalin,” kata teknisi software Google Roy Williams.
Selain itu, GMN juga akan memberi arah alternatif seperti rute terpendek atau rute yang jalan tol.
Mulai sekarang, “Algoritma penentuan rute juga akan disertai keadaan lalin yang terjadi saat itu dan sejarah lalin untuk menentukan rute tercepat dari alternatif yang ada,” paparnya.
GMN secara otomatis memberi Anda rute terbaik berdasarkan kondisi lalin.
Fitur baru ini baru bisa digunakan di Amerika Utara dan Eropa yang GMN dan data lalin real-time tersedia, kata Google.
Sumber : www.inilah.com

Pesawat Pemburu Komet 'Tutup Usia'

Dengan satu klik pada mouse, Sandy Freund Kasper mengirimkan perintah ke pesawat pemburu komet tanpa awak milik NASA, Stardust, untuk membakar seluruh bahan bakarnya. Perintah ini memulai sebuah rangkaian pemberhentian operasi Stardust yang telah berjasa untuk ilmu astronomi selama 12 tahun.

"Rasanya seperti mengucapkan selamat jalan pada seorang teman," kata Allan Cheuvront, program manager Stardust dari perusahaan Lockheed Martin. Dia terlibat dengan Stardust sejak 1996, saat megaproyek itu masih berupa desain.

Cheuvront menambahkan, "Stardust adalah pesawat luar biasa. Dia selalu mengerjakan apa yang kami perintahkan. Hasilnya, selalu sempurna dan memuaskan."

Diluncurkan pada 1999, Stardust telah menyelesaikan misi utamanya pada 2006. Ketika itu, ia mengirimkan sampel kecil dari partikel komet Wild 2 ke Bumi via tabung parasut.

Stardust menjalankan misi terakhirnya pada Kamis lalu. Dengan menembakkan pendorong sampai bahan bakar hidrazinnya habis. Dari jejak pembakaran di bawah 2,5 menit, para ilmuwan mengetahui secara akurat berapa bahan bakar yang masih tersisa. Pada akhirnya, perhitungan tersebut dapat membantu desain dan operasi pesawat generasi berikutnya di masa depan.

"Perhitungan untuk menganalisis data bahan bakar memakan waktu beberapa hari," kata Jim Neuman, mission operations manager yang juga bekerja untuk Lockheed Martin. Dia kerap membuat dan mengoperasikan sejumlah pesawat satelit NASA.

Dari ruangan besar di Lockheed Martin, Denver-AS, Freund Kasper yang bertanggung jawab penuh atas Stardust, siap mengirimkan perintah ke pesawat tanpa awak itu.

Sebelum dia memberikan instruksi, Cheuvront mengumpulkan delapan hingga sembilan insinyur lain di ruang kerja. Mereka diberi label "Power", "Thermal", "Propulsion", dan beberapa peran lain. Masing-masing menunggu giliran untuk melakukan tugasnya.

Dia pun menghampiri Don Brownlee, kepala peneliti pada misi utama Stardust lima tahun silam, untuk mengambil sampel komet Wild 2. "Ini pengalaman sangat indah dan luar biasa," kata Brownlee pada Freund Kasper.

Pada pukul 16:41 waktu setempat, Freund Kasper melesatkan menginstruksi pada Stardust untuk mulai mengeksekusi misi pemberhentian ini. Sekitar 42 menit kemudian - waktu yang ditempuh untuk menyampaikan pesan ke Stardust yang terletak 93 juta mil dari Bumi dan mengirimkan responsnya kembali ke Bumi - para peneliti melihat api yang berkobar-kobar di layar komputer besar.

Saat bahan bakar habis terbakar, Stardust kehilangan kemampuan untuk menjaga antenanya agar tetap menunjuk ke bumi. Akhirnya, ruang kontrol kehilangan kontak raiod pada pukul 15:33 waktu setempat.

Tanpa bahan bakar, fungsi panel surya Stardust tidak akan berrfungsi dengan baik. Sekali baterainya terkuras, pesawat itu akan mati selamanya


Sumber : www.vivanews.com
Diposkan oleh Muhamad Sektiaji di 03:30 0 komentar
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Twitter
Berbagi ke Facebook
Berbagi ke Google Buzz

Label: Astronomi
Senin, 21 Maret 2011
Pesona Supermoon di Berbagai Belahan Dunia
"Lunar perigee" atau biasa disebut "Supermoon" adalah suatu fenomena alam di mana bulan berada pada titik terdekat dengan bumi. Peristiwa langka yang terjadi setiap 18 tahun sekali ini, membuat bulan menjadi tampak lebih gemuk dari biasanya.

Berdasarkan data astronomi, pada Sabtu (19/3) pukul 19.10 GMT atau Minggu (20/3) pukul 02.10 WIB, jarak bulan dengan bumi hanya sekitar 356.577 kilometer.

Berikut ini adalah kumpulan fenomena supermoon yang diabadikan dari berbagai dunia.

1. Amerika


Fenomena ‘supermoon’ terlihat di atas University of Florida,
Amerika Serikat, Sabtu (19/3)



Burung-burung beterbangan dengan latar belakang bulan setengah penuh di langit Alda, Nebraska, Amerika Serikat, Jumat (18/3)



Burung-burung beterbangan dengan latar belakang bulan setengah penuh di langit Alda, Nebraska, Amerika Serikat, Jumat (18/3)



Fenomena ‘supermoon’ terlihat di langit Brookfield, Wisconsin,
Amerika Serikat, Sabtu (19/3)



Fenomena ‘supermoon’ terlihat di atas Lincoln Memorial, Washington DC,
Amerika Serikat, Sabtu (19/3)



2. Inggris


Sejumlah warga berdiri di dekat menara St Michael’s di bukit Glastonbury Tor
di Inggris, Sabtu(19/3)



Sebuah pesawat terbang melintas saat fenomena ‘supermoon’ terlihat di langit Somerset, Inggris, Sabtu(19/3)



Fenomena ‘supermoon’ terlihat di atas pusat perbelanjaan Manchester’s Trafford,
Inggris, Sabtu(19/3)



3. Rusia


Bulan setengah penuh terlihat di atas gereja St. Isaak di St.Petersburg,
Rusia, Jumat(18/3)



Bulan setengah penuh terlihat di atas gereja St. Isaak di St.Petersburg,
Rusia, Jumat(18/3)



4. Indonesia


Supermoon terlihat putih bersih di langit Jakarta, Minggu (20/3) dinihari.
Sebelumnya peristiwa supermoon tidak terlihat karena tertutup awan hitam



Supermoon terlihat putih bersih di langit Jakarta, Minggu (20/3) dinihari.
Sebelumnya peristiwa supermoon tidak terlihat karena tertutup awan hitam



Supermoon terlihat putih bersih di langit Jakarta, Minggu (20/3) dinihari.
Sebelumnya peristiwa supermoon tidak terlihat karena tertutup awan hitam

Sumber :
rafamuadz.banten.web.id / foto.vivanews.com


Diposkan oleh Muhamad Sektiaji di 00:59 1 komentar
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Twitter
Berbagi ke Facebook
Berbagi ke Google Buzz

Label: Astronomi
Sabtu, 19 Maret 2011
Menanti Keindahan Supermoon Tengah Malam Nanti
Dari perhitungan astronomi, pada tanggal 19 Maret 2011 Bulan dalam peredarannya mengelilingi Bumi, akan berada pada posisi paling dekat dengan Bumi, disebut sebagai posisi perigee.


Superman atau Supermoon? kredit : Astropro

Tentunya dalam peredaran mengitari Bumi, Bulan akan selalui melalui posisi perigee, tetapi posisi perigee tersebut tidak selalu berada pada angka yang tepat sama, tetapi bervariasi sepanjang waktu.

Pada tanggal tersebut, yang pada saat itu Bulan dalam fase Purnama, dalam perhitungan merupakan jarak yang paling dekat ke Bumi semenjak 18 tahun yang lalu. Lalu? Apa yang akan terjadi?

Beredar kabar di dunia maya, bahwa pada saat tersebut, akan terjadi bencana alam yang sangat dahsyat, mulai dari badai besar, gempa Bumi sampai dengan letusan gunung berapi. Sepertinya seram sekali! Tetapi benarkah itu?

Mari kita tinjau satu persatu, pertama, fenomena ‘supermoon’, ini sebetulnya adalah fenomena alam yang biasa terjadi. Pada suatu ketika, dalam peredarannya di langit, Bulan-Bumi-Matahari bisa berada dalam satu garis lurus, biasanya pada saat itu bisa terjadi bulan baru atau bulan purnama.

Dan bila pada saat bulan purnama, Bulan berada pada posisi perigee, maka keadaan ini oleh para ahli astrologi (bukan ahli astronomi!) disebut ‘super moon’! Jadi istilah super moon bukanlah istilah astronomi, tetapi istilah astrologi.

Kedua, pada tanggal itu, akan terjadi bencana alam? Tentulah dalam siklus alamiah, Bulan mempengaruhi terjadinya gaya pasang surut laut di Bumi, dan ketika Bulan ‘mendekat’, tentulah pengaruh gravitasi Bulan menjadi lebih besar (demikian yang dikatakan hukum gravitasi Newton).

Akan tetapi, apakah bila pengaruh gravitasi Bulan menjadi lebih besar, akan terjadi bencana alam? Mari kita sedikit berhitung dengan matematika. Ambil rata-rata jarak Bumi-Bulan 382900 km, sedangkan pada tanggal 19 Maret 2011, Bumi-Bulan berjarak 356577 km, atau ‘mendekat’ sejarak 26323 km, atau hanya 6,87% lebih dekat dibanding rata-rata.


Posisi Bulan saat berada di perigee atau titik terdekat dengan Bumi.
kredit StarryNight Education


Dengan jarak yang sekecil itu (6,87%), akan menyebabkan dampak yang luar biasa? Seperti biasa, efek pasang surut terjadi setiap hari, dan bila resultan vektor gaya gravitasi Bulan dan Matahari menjadi lebih besar maka efek pasang surut menjadi lebih besar.


Posisi Bumi-Bulan-Matahari dan kaitannya dengan pasang surut.
kredit : Boomeria.org

Tentunya pada saat ketika purnama ditambah perigee, gaya gravitasi menjadi lebih berpengaruh, tetapi, dari studi geofisika yang telah banyak dilakukan, tidak dtemukan adanya dampak yang signifikan pada keseimbangan energi Bumi.

Gempa Bumi, letusan vulkanik, ataupun berbagai fenomena di Bumi lebih disebabkan keseimbangan energi di Bumi, seperti pergeseran lempeng Bumi, sedangkan efek pasang surut oleh Bulan, tidaklah cukup kuat menggeser keseimbangan energi tersebut, yang artinya ‘super moon’ tidak akan menyebabkan bencana alam.

Mungkin dibutuhkan seorang Superman yang datang dari planet Kripton untuk menggeser keseimbangan Bumi, karena Superman mempunyai kekuatan yang jauh lebih besar dibanding kekuatan super moon.

Tetapi kita tahu bahwa superman adalah tokoh rekaan, sebagaimana bencana akibat super moon adalah telaah astrologi. Kalau sudah demikian, pertanyaan berikut, apa yang akan terjadi di tanggal 19 Maret yang akan datang?


Bulan Purnama saat di perigee akan tampak lebih besar 14%. kredit: NASA

Yang pasti Bulan akan tampak lebih ‘besar’ 14% dan 30% lebih cerlang di banding ‘biasanya’, dan kesempatan yang langka untuk menikmati Bulan, sembari memotretnya, atau sekedar nongkrong-nongkrong sembari minum coklat hangat dan menikmati kudapan di malam hari (bila langit cerah).

Sumber :
langitselatan.com


Diposkan oleh Muhamad Sektiaji di 06:38 0 komentar
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Twitter
Berbagi ke Facebook
Berbagi ke Google Buzz

Label: Astronomi
Indahnya Ledakan Aurora Dalam Terang Bulan
Aurora borealis adalah salah satu fenomena alam terindah di Bumi. Merekam keindahannya dengan kamera, apalagi dalam kondisi terang bulan purnama, bukanlah hal mudah sebab cahaya aurora borealis akan "kalah" oleh cahaya bulan.




Tapi, fotografer asal Jerman Kerstin Langenberger berhasil melakukannya. Dalam fotonya, aurora borealis terlihat terang dalam cahaya Bulan, seolah fenomena tersebut muncul di siang bolong.

Langenberger berhasil memotret setelah menantinya selama 300 jam menunggu fenomena itu muncul. Ia mengungkapkan, "Aurora harus sangat terang untuk bisa tampak saat ada Bulan. Ini jarang terjadi sehingga gambar seperti ini sangat jarang."

Foto Langenberger berhasil menguak keindahan Thingvellir National Park, tempat pengambilan foto yang menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Dalam foto itu, aurora tampak sebagai ledakan cahaya hijau dan ungu.

Aurora dijumpai di Kutub Utara dan kutub selatan Bumi. Aurora yang dijumpai di kutub utara disebut Aurora Borealis atau Northern Light sementara yang dijumpai di Kutub selatan disebut Aurora Australis.

Fenomena ini muncul akibat partikel bermuatan dari Matahari yang dihantarkan ke Bumi. Partikel tersebut tertarik oleh medan magnet Bumi, melepaskan energi hingga menghasilkan cahaya di lapisan ionosfer.

Kemunculannya tiba-tiba. Langenberger harus tiba di lokasi siang hari sehingga bisa mempersiapkan semua alat-alat untuk memotret. Malam harinya, ia harus sabar menanti si aurora datang.

"Kesulitannya adalah mengetahui dimana aurora muncul dan seperti apa nanti. Untuk waktu lama, tak ada yang terjadi dan hanya bisa menunggu. Namun, tiba-tiba langit malam hari mengalami ledakan aurora," kata Langenberger.

Langenberger mengungkapkan, "Ledakan aurora biasanya bertahan hingga beberapa menit, lalu ia akan menghilang. Aurora mungkin muncul lagi, tetapi bisa juga tidak. Tak ada yang tahu nantinya."

Aurora bukan hanya bisa muncul di Bumi. Hubble Space Telescope pernah menangkap fenomena aurora di Jupiter dan Saturnus, bahkan di satelit Jupiter yaitu Io, Europa dan Ganymede. Uranus dan Neptunus dilaporkan juga memiliki aurora.

Sumber :
sains.kompas.com
Diposkan oleh Muhamad Sektiaji di 06:36 0 komentar
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Twitter
Berbagi ke Facebook
Berbagi ke Google Buzz

Label: Astronomi
Rabu, 29 Desember 2010
Malam Tahun Baru Akan Diguyur Hujan Meteor Quadrantids
� Jika tak mendung apalagi hujan, langit malam tahun baru 2011 bakal menjadi layar pertunjukan bagi empat hujan meteor sekaligus. Hujan meteor Quadrantids akan berlangsung mulai 1 hingga 5 Januari mendatang. Tiga hujan meteor lainnya beraksi hingga 20 Januari.


Ilustrasi

Astronom dari Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat, Evan Irawan Akbar mengatakan, hujan meteor Quadrantids akan terlihat di langit sebelah timur laut. Dari garis horison, ketinggiannya sekitar 30 derajat. “Seluruh dunia termasuk Indonesia bisa menyaksikannya,” kata Evan.

Waktu terbaik menyaksikan hujan meteor Quadrantids antara pukul 01.00 hingga subuh. Pada 1-3, dan 5 Januari, diperkirakan bakal melesat 15 meteor per jam. Sedangkan pada malam puncak 4 Januari, ada 40-an meteor yang terlihat setiap jamnya. “Tapi masa puncak itu singkat, hanya 3 jam dari pukul satu dinihari,” ujarnya.

Hujan meteor Quadrantids kali ini memang tidak sederas hujan meteor lainnya. Alasannya, kata Evan, lintasan bumi berada agak jauh dari gumpalan asteroid atau komet yang menyebarkan partikelnya itu dan terlihat sebagai hujan meteor di bumi. “Ibarat mobil, bumi tidak melintas di tengah tapi di pinggir jalan,” katanya.

Bersamaan dengan hujan meteor Quadrantids, tiga hujan meteor lainnya turun secara acak. Titik arah datang tiga hujan meteor yang belum diketahui namanya itu, ujar dia, bisa datang dari mana saja. Frekuensinya relatif kecil, sekitar 10 meteor per jam.

Pengalamannya tahun lalu, seluruh keindahan hujan cahaya langit di awal tahun itu bisa disaksikan dari kampus Institut Teknologi Bandung dengan mata telanjang. Observatorium Bosscha sendiri tidak akan memantau dan merekamnya karena masalah teknis. “Selain terhalang pepohononan, teropong Bosscha dirancang untuk mengamati langit selatan,” katanya.


Sumber :
tempointeraktif.com

Mengapa Urutan Huruf di Keyboard Tidak Sesuai Abjad?

Pernahkah agan bertanya, mengapa susunan huruf dalam keyboard mesin ketik, komputer, hingga PDA kita berupa “QWERTYUIOP” dan seterusnya? Mengapa tidak dibuat saja berurutan seperti “ABCDEFGH” dan seterusnya? Mungkin sebagian dari agan sudah tahu ceritanya, tetapi kalau-kalau agan belum tahu ane copas di sini.

Konon, keyboard tersebut sudah diciptakan sejak tahun 1860an oleh Sholes dan Dunsmore. Awalnya mereka membuatnya berurutan sesuai abjad. Namun, lambat laun seiring dengan meningkatnya kemampuan (kebiasaan) user, kecepatan mengetik menjadi lebih cepat padahal mekanisme mesin saat itu masih sederhana. Akibatnya, (baris) tombol tertentu menjadi sering macet dan menghambat pekerjaan.

Berdasar pengalaman mereka, akhirnya disusunlah keyboard yang sengaja dipersulit dan dibuat tidak efisien agar keyboard tidak mudah jammed. Desain mesin ketik itu kemudian dijual ke Remington untuk diproduksi secara massal tahun 1873. Susunannya terbagi dalam empat baris, baris teratas berupa “23456789-”, baris kedua “QWE.TYIUOP”, baris ketiga “XDFGHJKLM”, dan baris terbawah “AX&CVBN?;R”.

Seiring berjalannya waktu, teknologi berkembang pesat dan masalah tombol keyboard yang sering macet sudah teratasi dengan desain mekanik yang lebih baik. Sejumlah desain keyboard alternatif juga muncul di pasaran. Salah satu yang cukup populer adalah Dvorak Simplified Keyboard (DSK) yang dibuat oleh August Dvorak tahun 1936. Desain itu diklaim merupakan desain yang lebih efisien, cepat, dan egronomis.

QWERTY sebenarnya punya banyak kelemahan seperti membuat tangan kiri Anda overload terutama ketika menulis dalam bahasa Inggris (hal serupa saya rasakan ketika menulis dalam bahasa Indonesia). QWERTY juga membuat kelingking Anda overload. Penelitian menunjukkan bahwa distribusi huruf tidak merata sehingga jari Anda harus menyeberang dari baris ke baris—-bila dihitung jari tukang ketik tipikal akan berjalan lebih dari 20 mil per hari dibandingkan dengan DSK yang hanya 1 mil.

Sayangnya, orang tetap ogah berpaling dari desain “QWERTY” kendati desain tersebut bukan merupakan desain yang terbaik. Sekalipun teknologi sudah bisa mengatasi problem tombol yang nge-jam, orang tetap bertahan dengan desain “QWERTY” bukannya desain lain yang lebih superior. Alih-alih, QWERTY malah dinobatkan menjadi standar internasional di tahun 1966.

Hal yang sama juga terjadi di Microsoft Windows. Kita tentu tahu bahwa Windows bukanlah sistem operasi terbaik, entah itu dari segi keamanan, kemudahan, kinerja, sampai soal keindahan. Namun, karena penetrasi pasar Windows sudah begitu deras, orang mulai terbiasa menggunakan Windows dan sistem operasi tersebut menjadi terstandardisasi.

Apakah tidak ada yang lebih baik dari Windows? Tentu saja tidak. Namun orang perlu pikir-pikir beberapa kali sebelum berpaling dari standar tersebut. Mereka harus menghadapi barrier seperti faktor biaya, isu kompatibilitas, proses pembelajaran, faktor waktu, dan masih banyak lagi. Akibatnya jumlah mereka yang setia jauh lebih besar daripada yang murtad. Inilah yang menjadikan Windows atau QWERTY kemudian menjadi standar—-kendati mereka bukan yang terbaik.

Dalam dunia ilmiah, fenomena ini dijelaskan sebagai konsep path dependency dan network externality. Intinya, inovasi tidak menghasilkan outcome yang out of the blue, tetapi merupakan perkembangan yang bisa diprediksi dari yang sudah-sudah. Selain itu, value dari inovasi tersebut akan makin tinggi bila digunakan oleh makin banyak orang. Pada tahap tertentu, inovasi tersebut akan menjadi standar yang digunakan oleh umum.


Sumber : www.kaskus.us

Lacak Siswa Tukang Bolos, Sekolah Gunakan GPS

Jakarta - Jika memasang CCTV tak cukup ampuh mengintai siswa yang kerap kabur pada jam sekolah, mungkin perangkat GPS (Global Positioning System) menjadi jawabannya. Inilah yang dilakukan sebuah sekolah di Anaheim, California, Amerika Serikat (AS) dalam menangani siswa tukang bolos.

Penggunaan GPS ini tak hanya bermanfaat memberitahukan staf pengajar mengenai keberadaan murid mereka, tetapi juga mendisiplinkan siswa dengan mengharuskan mereka memasukkan kode di waktu-waktu penting pada jam sekolah seperti saat makan siang atau istirahat, yang kerap dimanfaatkan untuk kabur.
setelah siswa memasukkan nomor kode seperti 1111 misalnya, perangkat GPS yang dibawa siswa secara rutin akan mengirimkan email atau pesan SMS ke staf di sekolah dengan kode dan lokasi siswa.

Pihak sekolah bahkan bisa juga melakukan panggilan ke siswa, membangunkan mereka agar tidak terlambat pergi ke sekolah dan memastikan mereka akan hadir di kelas.

Upaya pendisiplinan siswa yang gemar membolos ini merupakan program yang didanai pemerintah setempat dan sudah pernah berhasil dilakukan di sekolah-sekolah di Baltimore dan San Antonio.
( rns / ash )

Sumber : www.detik.com

Alat-alat Elektronik Paling Ramah Lingkungan

Hampir semua produsen alat elektronika mengklaim ramah lingkungan. Namun, di antara yang ramah lingkungan itu pasti ada yang paling ramah lingkungan, bukan? Rekomendasi Greenpeace mungkin bisa menjadi pertimbangan.Di sela-sela Consumer Electronic Show (CES) pada 6-9 Januari 2011 lalu di Las Vegas Convention Center, Las Vegas, Amerika Serikat, LSM lingkungan tersebut mengumumkan hasil penilaiannya. Produk-produk elektronik yang dinilai oleh Greenpeace meliputi komputer desktop, notebook, netbook, monitor, ponsel, ponsel pintar, dan televisi. Seluruh produk yang terlibat dalam survei bernama "Green Electronic Survey" ini tersedia dalam kuartal pertama tahun 2011.

Renee Blanchard, Greenpeace International Toxics Campaigner, menyebutkan bahwa ada kemajuan dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun demikian, Greenpeace menganggap masih banyak yang harus dilakukan.
"Produsen membuat produk yang bebas bahan kimia paling beracun, efisien dalam penggunaan energi, dan mudah didaur ulang," ujarnya. "Kami berharap inovasi terus dilanjutkan dengan standar yang lebih tinggi," lanjut Blanchard.
Sebanyak 21 perusahaan elektronik diundang untuk turut serta dalam survei ini. Sebanyak 18 perusahaan mengirimkan produk yang dianggap paling ramah lingkungan. Greenpeace menilai berdasarkan penggunaan bahan kimia berbahaya dalam produk, penggunaan energi saat produk dioperasikan, umur produk, penggunaan energi untuk pembuatan produk, serta inovasi dan pemasaran.

Berikut ini adalah daftar pemenang yang diumumkan Greenpeace.
Monitor: Asus VW-247H-HF
Notebook: Asus UL30A
Netbook: Acer TM8172
Desktop: HP Compaq 6005 Pro
Televisi: Sharp LC-52SE1
Ponsel: Samsung GT-575550
Ponsel pintar: Sony Ericsson Aspen

Survei ini melibatkan beberapa merek besar, antara lain, di luar pemenang adalah Dell, Fujitsu, Lenovo, LG, Motorola, Nokia, Panasonic, RIM, dan Toshiba. Apple dan Philips diundang untuk berpartisipasi, tapi keduanya termasuk perusahaan yang menolak terlibat.


TKP : www.kompas.com

Cara Mengetahui Profil Palsu di Facebook

Diperkirakan,dari 500 juta penggunaFacebook, banyak di antaranyayang memiliki lebih dari 1.000 daftar teman. Tapi apakah kita tahu profil teman tersebut palsu atau tidak?

Profil palsu ini biasanya dibuat dengan alasan intelejen (ingin memata-matai), mengumpulkan data-data dari Facebook seseorang dengan maksud untuk menjebol akun. Bahkan belakangan yang sering terjadi adalah pencurian chip poker, ada juga karena sekedar iseng untuk berbuat usil terhadap rekan-rekan terdekatnya, serta ada pula yang beralasan karena kurang pede (percaya diri) dengan penampilan sendiri sehingga pakai jalan pintas dengan memasang fotoorang lain.

Saya ingin berbagi sedikit mengenai beberapa ciri dan karakter profil palsu, berdasarkan pengamatan dan hasil riset kecil-kecilan dari tim saya yang bernama FB Balcap. Berikut ini beberapa karakter profil palsu yang biasa digunakan orang,

1. Profil palsu kebanyakan dibuat dengan identitas yang berjenis kelamin cewek, meskipun ada juga yang membuat dengan genre cowok namun untk kategori cewek masih lebih dominan.

2. Profil palsu biasanya memuat koleksi foto cewek cantik dengan penampilan yang begitu memikat sehingga akhirnya banyak juga yang terpikat.

3. Profil palsu biasanya tidak menampilkan foto asli, tetapi tidak semua profil yang tidak menampilkan foto asli sang pemilik akun itu dapat dikatakan palsu karena ada beberapa alasan. Di antaranya karena alasan islami (mengacu pada syara') dan alasan lainnya. Untuk itu satu ciri saja tidak cukup anda bisa menulusuri dan memadukan dengan ciri2 lainnya.

4. Info profil yang terlalu singkat dengan kata lain terlalu simple bahkan untuk beberapa kategori info profil tidak dilengkapi.

5. Untuk profil palsu yang bergenre cewek biasanya di friendlistnya dominan akun Facebook bergenre cowok yang rata-rata berstatus lajang.

6. Profil palsu cewek biasanya pada wall (dinding) numpuk komentar dari teman-teman di friendlistnya. Saking banyaknya, si pemilik akun jadi malas untuk membalas komentar-komentar yang ada.

7. Profil palsu biasanya terlalu aggresif untuk mengenal seseorang atau terkadang 'sok kenal sok dekat'.

8. Tidak ada sahabat ataupun teman terdekatnya yang sesekali meluangkan waktu untuk mengisi komentar.

9. Tidak memiliki galeri foto hasil tag dari teman atau sahabat-sahabat terdekatnya.

Saya sarankan, jika anda menerima Friend Request dari seseorang yang sama sekali tidak anda kenal bahkan sama sekali tidak juga menjalin hubungan pertemanan dengan teman-teman anda sebaiknya batalkan atau abaikan saja. Pasti anda juga bertanya-tanya. Daripada bingung, langsung saja pencet reject.



Sumber : www.okezone.com

10 Rahasia Sukses Orang Jepang

1. Kerja Keras

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Jepang adalah pekerja keras. Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang adalah 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika (1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), Jerman (1870 jam/tahun), dan Perancis (1680 jam/tahun).

Seorang pegawai di Jepang bisa menghasilkan sebuah mobil dalam 9 hari, sedangkan pegawai di negara lain memerlukan 47 hari untuk membuat mobil yang bernilai sama.

Seorang pekerja Jepang boleh dikatakan bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh 5-6 orang. Pulang cepat adalah sesuatu yang boleh dikatakan “agak memalukan” di Jepang, dan menandakan bahwa pegawai tersebut termasuk “yang tidak dibutuhkan” oleh perusahaan.



2. Malu

Malu adalah budaya leluhur dan turun temurun bangsa Jepang. Harakiri (bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut) menjadi ritual sejak era samurai, yaitu ketika mereka kalah dan pertempuran.

Masuk ke dunia modern, wacananya sedikit berubah ke fenomena “mengundurkan diri” bagi para pejabat (mentri, politikus, dsb) yang terlibat masalah korupsi atau merasa gagal menjalankan tugasnya.

Efek negatifnya mungkin adalah anak-anak SD, SMP yang kadang bunuh diri, karena nilainya jelek atau tidak naik kelas.

Karena malu jugalah, orang Jepang lebih senang memilih jalan memutar daripada mengganggu pengemudi di belakangnya dengan memotong jalur di tengah jalan. Mereka malu terhadap lingkungannya apabila mereka melanggar peraturan ataupun norma yang sudah menjadi kesepakatan umum.



3. Hidup Hemat

Orang Jepang memiliki semangat hidup hemat dalam keseharian. Sikap anti konsumerisme berlebihan ini nampak dalam berbagai bidang kehidupan.

Di masa awal mulai kehidupan di Jepang, mungkin kita sedikit heran dengan banyaknya orang Jepang ramai belanja di supermarket pada sekitar jam 19:30.

Selidik punya selidik, ternyata sudah menjadi hal yang biasa bahwa supermarket di Jepang akan memotong harga sampai separuhnya pada waktu sekitar setengah jam sebelum tutup. Seperti diketahui bahwa Supermarket di Jepang rata-rata tutup pada pukul 20:00.



4. Loyalitas

Loyalitas membuat sistem karir di sebuah perusahaan berjalan dan tertata dengan rapi. Sedikit berbeda dengan sistem di Amerika dan Eropa, sangat jarang orang Jepang yang berpindah-pindah pekerjaan.

Mereka biasanya bertahan di satu atau dua perusahaan sampai pensiun. Ini mungkin implikasi dari Industri di Jepang yang kebanyakan hanya mau menerima fresh graduate, yang kemudian mereka latih dan didik sendiri sesuai dengan bidang garapan (core business) perusahaan.



5. Inovasi

Jepang bukan bangsa penemu, tapi orang Jepang mempunyai kelebihan dalam meracik temuan orang dan kemudian memasarkannya dalam bentuk yang diminati oleh masyarakat.

Menarik membaca kisah Akio Morita yang mengembangkan Sony Walkman yang melegenda itu. Cassete Tape tidak ditemukan oleh Sony, patennya dimiliki oleh perusahaan Phillip Electronics.

Tapi yang berhasil mengembangkan dan membundling model portable sebagai sebuah produk yang booming selama puluhan tahun adalah Akio Morita, founder dan CEO Sony pada masa itu.

Sampai tahun 1995, tercatat lebih dari 300 model walkman lahir dan jumlah total produksi mencapai 150 juta produk.

Teknik perakitan kendaraan roda empat juga bukan diciptakan orang Jepang, patennya dimiliki orang Amerika. Tapi ternyata Jepang dengan inovasinya bisa mengembangkan industri perakitan kendaraan yang lebih cepat dan murah.



6. Pantang Menyerah

Sejarah membuktikan bahwa Jepang termasuk bangsa yang tahan banting dan pantang menyerah. Puluhan tahun dibawah kekaisaran Tokugawa yang menutup semua akses ke luar negeri, Jepang sangat tertinggal dalam teknologi.

Ketika restorasi Meiji (meiji ishin) datang, bangsa Jepang cepat beradaptasi dan menjadi fast-learner. Kemiskinan sumber daya alam juga tidak membuat Jepang menyerah.

Tidak hanya menjadi pengimpor minyak bumi, batubara, biji besi dan kayu, bahkan 85% sumber energi Jepang berasal dari negara lain termasuk Indonesia . Kabarnya kalau Indonesia menghentikan pasokan minyak bumi, maka 30% wilayah Jepang akan gelap gulita.

Rentetan bencana terjadi di tahun 1945, dimulai dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki , disusul dengan kalah perangnya Jepang, dan ditambah dengan adanya gempa bumi besar di Tokyo, ternyata Jepang tidak habis.

Dalam beberapa tahun berikutnya Jepang sudah berhasil membangun industri otomotif dan bahkan juga kereta cepat (shinkansen) .

Mungkin cukup menakjubkan bagaimana Matsushita Konosuke yang usahanya hancur dan hampir tersingkir dari bisnis peralatan elektronik di tahun 1945 masih mampu merangkak, mulai dari nol untuk membangun industri sehingga menjadi kerajaan bisnis di era berikutnya.

Akio Morita juga awalnya menjadi tertawaan orang ketika menawarkan produk Cassete Tapenya yang mungil ke berbagai negara lain. Tapi akhirnya melegenda dengan Sony Walkman-nya.

Yang juga cukup unik bahwa ilmu dan teori dimana orang harus belajar dari kegagalan ini mulai diformulasikan di Jepang dengan nama shippaigaku (ilmu kegagalan).



7. Budaya Baca

Jangan kaget kalau Anda datang ke Jepang dan masuk ke densha (kereta listrik), sebagian besar penumpangnya baik anak-anak maupun dewasa sedang membaca buku atau koran.

Tidak peduli duduk atau berdiri, banyak yang memanfaatkan waktu di densha untuk membaca. Banyak penerbit yang mulai membuat man-ga (komik bergambar) untuk materi-materi kurikulum sekolah baik SD, SMP maupun SMA.

Pelajaran Sejarah, Biologi, Bahasa, dsb disajikan dengan menarik yang membuat minat baca masyarakat semakin tinggi. Budaya baca orang Jepang juga didukung oleh kecepatan dalam proses penerjemahan buku-buku asing (bahasa inggris, perancis, jerman, dsb).

Konon kabarnya legenda penerjemahan buku-buku asing sudah dimulai pada tahun 1684, seiring dibangunnya institute penerjemahan dan terus berkembang sampai jaman modern. Biasanya terjemahan buku bahasa Jepang sudah tersedia dalam beberapa minggu sejak buku asingnya diterbitkan.



8. Kerjasama Kelompok

Budaya di Jepang tidak terlalu mengakomodasi kerja-kerja yang terlalu bersifat individualistik. Termasuk klaim hasil pekerjaan, biasanya ditujukan untuk tim atau kelompok tersebut.

Fenomena ini tidak hanya di dunia kerja, kondisi kampus dengan lab penelitiannya juga seperti itu, mengerjakan tugas mata kuliah biasanya juga dalam bentuk kelompok.

Kerja dalam kelompok mungkin salah satu kekuatan terbesar orang Jepang. Ada anekdot bahwa “1 orang professor Jepang akan kalah dengan satu orang professor Amerika, namun 10 orang professor Amerika tidak akan bisa mengalahkan 10 orang professor Jepang yang berkelompok”.

Musyawarah mufakat atau sering disebut dengan “rin-gi” adalah ritual dalam kelompok. Keputusan strategis harus dibicarakan dalam “rin-gi”.



9. Mandiri

Sejak usia dini anak-anak dilatih untuk mandiri. Bahkan seorang anak TK sudah harus membawa 3 tas besar berisi pakaian ganti, bento (bungkusan makan siang), sepatu ganti, buku-buku, handuk dan sebotol besar minuman yang menggantung di lehernya.

Di Yochien setiap anak dilatih untuk membawa perlengkapan sendiri, dan bertanggung jawab terhadap barang miliknya sendiri. Lepas SMA dan masuk bangku kuliah hampir sebagian besar tidak meminta biaya kepada orang tua.

Biasanya mereka mengandalkan kerja part time untuk biaya sekolah dan kehidupan sehari-hari. Kalaupun kehabisan uang, mereka “meminjam” uang ke orang tua yang nantinya akan mereka kembalikan di bulan berikutnya.



10. Jaga Tradisi & Menghormati Orang Tua

Perkembangan teknologi dan ekonomi, tidak membuat bangsa Jepang kehilangan tradisi dan budayanya. Budaya perempuan yang sudah menikah untuk tidak bekerja masih ada dan hidup sampai saat ini.

Budaya minta maaf masih menjadi reflek orang Jepang. Kalau suatu hari Anda naik sepeda di Jepang dan menabrak pejalan kaki, maka jangan kaget kalau yang kita tabrak malah yang minta maaf duluan.

Sampai saat ini orang Jepang relatif menghindari berkata “tidak” apabila mendapat tawaran dari orang lain. Jadi kita harus hati-hati dalam pergaulan dengan orang Jepang karena “hai” belum tentu “ya” bagi orang Jepang.

Pertanian merupakan tradisi leluhur dan aset penting di Jepang. Persaingan keras karena masuknya beras Thailand dan Amerika yang murah, tidak menyurutkan langkah pemerintah Jepang untuk melindungi para petaninya.

Kabarnya tanah yang dijadikan lahan pertanian mendapatkan pengurangan pajak yang signifikan, termasuk beberapa insentif lain untuk orang-orang yang masih bertahan di dunia pertanian. Pertanian Jepang merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.

Sumber :
jurusmbahtogel.blogspot.com

Sudah Tidur Lama Tapi Masih Ngantuk, Mungkin Ini Penyebabnya

Jika Anda sudah tidur berjam-jam tapi masih terasa ngantuk, maka Anda perlu mewaspadai adanya penyakit di dalam tubuh.

Rasa kantuk merupakan tanda yang diberikan tubuh agar orang beristirahat, yang biasanya datang di malam hari atau saat merasa lelah.Namun kondisi tertentu dapat membuat orang selalu merasa ngantuk, bahkan di waktu kerja. Apa penyebabnya? Dilansir Webmd, berikut beberapa penyebab yang membuat orang selalu mengantuk sepanjang hari:

1. Anemia (kurang darah)
Anemia merupakan penyebab utama rasa kantuk sering datang. Kekurangan darah menyebabkan kurangnya zat besi, sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh pun berkurang, sehingga menyebabkan orang sering merasa ngantuk.

2. Hipotiroid (menurunnya produksi hormon tiroid)
Tiroid adalah kelenjar kecil di dasar leher, yang berfungsi mengontrol metabolisme dan kecepatan mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, orang bisa merasa badan lesu dan selalu mengantuk.

3. Diabetes
Glukosa adalah bahan bakar dari energi yang dilepaskan dalam sel-sel karena adanya oksigen. Orang dengan diabetes tipe-2 memiliki tingkat glukosa darah yang tinggi, karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa ini untuk menyediakan energi. Oleh karena itu, individu dengan diabetes tipe-2 mengeluh merasa lelah dan mengantuk sepanjang waktu.

4. Dehidrasi
Kelelahan dan kantuk bisa merupakan tanda dehidrasi. Segeralah cukupi kebutuhan air dalam tubuh agar selalu merasa segar dan bersemangat.

5. Depresi
Depresi bukan hanyan gangguan emosi tetapi juga banyak berkontribusi untuk gejala fisik. Kelelahan, selalu mengantuk, sakit kepala dan kehilangan nafsu makan adalah salah satu gejala yang paling umum pada orang yang mengalami depresi.

6. Gangguan tidur
Gangguan tidur seperti sleep apnea dan insomnia juga dapat menyebabkan perasaan kelelahan dan kantuk terus-menerus. Tidur digunakan untuk memfungsikan tubuh kembali, sel-sel tubuh memperbaiki dan meremajakan diri.

Sementara pada orang yang menderita kurang tidur karena insomnia, sleep apnea, maka sistem pernapasan akan terhambat sehingga sering menyebabkan kelelahan dan kantuk.

7. Penyakit jantung
Ketika mudah merasa lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sebaiknya Anda harus memastikan bahwa jantung Anda dalam keadaaan yang baik, karena selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.

8. Sindrom kelelahan kronis
Lelah biasanya segera hilang saat dibawa istirahat. Tapi untuk sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome), lelah tidak cepat hilang dan biasanya ditandai dengan kelesuan, mengantuk, lekas marah, nyeri otot dan dalam beberapa kasus terjadi hilangnya memori.

Sumber :
detikhealth.com

Indahnya Ledakan Aurora Dalam Terang Bulan

Aurora borealis adalah salah satu fenomena alam terindah di Bumi. Merekam keindahannya dengan kamera, apalagi dalam kondisi terang bulan purnama, bukanlah hal mudah sebab cahaya aurora borealis akan "kalah" oleh cahaya bulan.Tapi, fotografer asal Jerman Kerstin Langenberger berhasil melakukannya. Dalam fotonya, aurora borealis terlihat terang dalam cahaya Bulan, seolah fenomena tersebut muncul di siang bolong.

Langenberger berhasil memotret setelah menantinya selama 300 jam menunggu fenomena itu muncul. Ia mengungkapkan, "Aurora harus sangat terang untuk bisa tampak saat ada Bulan. Ini jarang terjadi sehingga gambar seperti ini sangat jarang."

Foto Langenberger berhasil menguak keindahan Thingvellir National Park, tempat pengambilan foto yang menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Dalam foto itu, aurora tampak sebagai ledakan cahaya hijau dan ungu.

Aurora dijumpai di Kutub Utara dan kutub selatan Bumi. Aurora yang dijumpai di kutub utara disebut Aurora Borealis atau Northern Light sementara yang dijumpai di Kutub selatan disebut Aurora Australis.

Fenomena ini muncul akibat partikel bermuatan dari Matahari yang dihantarkan ke Bumi. Partikel tersebut tertarik oleh medan magnet Bumi, melepaskan energi hingga menghasilkan cahaya di lapisan ionosfer.

Kemunculannya tiba-tiba. Langenberger harus tiba di lokasi siang hari sehingga bisa mempersiapkan semua alat-alat untuk memotret. Malam harinya, ia harus sabar menanti si aurora datang.

"Kesulitannya adalah mengetahui dimana aurora muncul dan seperti apa nanti. Untuk waktu lama, tak ada yang terjadi dan hanya bisa menunggu. Namun, tiba-tiba langit malam hari mengalami ledakan aurora," kata Langenberger.

Langenberger mengungkapkan, "Ledakan aurora biasanya bertahan hingga beberapa menit, lalu ia akan menghilang. Aurora mungkin muncul lagi, tetapi bisa juga tidak. Tak ada yang tahu nantinya."

Aurora bukan hanya bisa muncul di Bumi. Hubble Space Telescope pernah menangkap fenomena aurora di Jupiter dan Saturnus, bahkan di satelit Jupiter yaitu Io, Europa dan Ganymede. Uranus dan Neptunus dilaporkan juga memiliki aurora.

Sumber :
sains.kompas.com

'Pecandu Facebook Berisiko Kena Anoreksia & Bulimia'

Jakarta - Sebuah riset mengklaim ada koneksi yang jelas antara durasi pemakaian Facebook dengan gangguan pola makan. Hal ini khususnya terjadi pada para gadis remaja.

Adalah periset di University of Haifa di Israel yang coba melakukan penelitian ini. Mereka adalah Prof. Yael Letzer, Prof. Ruth Katz dan Zohar Spivak dari Social Welfare and Health Sciences Faculty. Studi melibatkan 248 remaja wanita umur 12 sampai 19 tahunterungkap bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk Facebookan, risiko kena gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia juga makin besar. Mereka berisiko memiliki citra tubuh yang buruk.

Lalu bagaimana? Masih menurut periset itu, pengawasan orang tua adalah solusinya. Jika para orang tua sering terlibat dalam kegiatan anak, risiko terkena gangguan pola makan makin rendah.

Pakar kesehatan setempat, Dr Naama Constantini menyatakan bahwa gadis yang menghabiskan banyak waktu di situs jejaring berisiko mengalami gangguan pola makan karena mungkin jadi jarang olahraga atau bersosialisasi. Menurut dia, studi di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Sumber : www.detik.com