2.07.2011

Ditemukan, Software Penghapus Jejak di Internet

Sebuah firma asal Jerman berencana meluncurkan software yang memungkinkan pengguna menghapus foto yang sudah diunggah di akun FaceBook, MySpace dan Flickr.

Software tersebut tentunya akan berguna bagi pengguna yang kesulitan untuk menghapus foto, yang sudah diunggah di internet. Demikian seperti yang dikutip dari Terra.net, Jumat (14/1/2011).

"Sebelum pengguna memposting foto, mereka akan mengunggahnya ke dalam program yang memberikan sebuah kata sandi yang valid untuk waktu yang terbatas," ujar Michael Backes, pendiri dari X-Pire, perusahaan pembuat website yang namanya belum diumumkan tersebut.

Jika pengguna ingin melihat fotonya beberapa waktu kemudian maka server akan mengecek apakah masa waktu foto tersebut sudah kadaluarsa dan memblokirnya jika waktunya memang sudah habis.

"Para pengguna internet sebelumnya sudah memiliki kendali untuk menghapus foto dari situs jejaring sosial seperti Facebook, akan tetapi pengalaman menunjukkan bahwa mereka tidak cukup puas akannya," jelas Backes.

"Kebanyakan penguna Facebook, sebagai contoh, adalah pengguna pasif. Mereka berselancar ke sana dan menaruh banyak informasi pribadi. Lalu jika mereka lupa kata sandinya, mereka tidak akan mendapatkan kembali info-info tersebut," tambah Backes.

"Software ini dibuat bukan untuk orang-orang yang mengerti cara untuk melindungi data mereka di internet, tapi lebih untuk banyak orang yang ingin menuntaskan masalah secara menyeluruh," ungkap Backes.

Menurut Backes, software tersebut akan tersedia dalam waktu beberapa hari ke depan, dan akan memakan biaya 2 Euro atau USD2,61 per bulan.

Bagaimanapun, software tersebut tidak bisa melindungi pengguna dari pihak pengembang ketiga yang mengunduh serta menyimpan foto mereka.

"Ketika orang-orang mengunggah foto di internet, itu supaya mereka bisa dilihat. Software kami ini bukanlah pelindung keseluruhan," kata Backes.


Sumber : www.okezone.com

0 comments: